MAKALAH
DAMPAK SINETRON BAGI
PRESTASI SISWA
Oleh Kelompok :
xxxxxxxx
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
TAHUN PELAJARAN
xxxxxxxxxxxxxxx
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,
yang telah memberikan kesehatan, rahmat, serta karunia-Nya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan Makalah ini yang berjudul “Dampak Sinetron terhadap
Prestasi Siswa”
Karya ilmiah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas di
mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penulis sangat menyadari bahwa penyusunan
karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis sangat
mengharapkan kritik dan saran pembaca guna sempurnanya karya ilmiah ini dan
yang akan datang.
Terimakasih penulis sampaikan kepada Allah S.W.T., orang
tua, dan guru Bahasa Indonesia penulis Bapak Suharto S.pd yang telah membimbing
sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan.
Semoga dengan adanya karya ilmiah ini dapat bermanfaat
bagi pembaca dampak sinetron terhadap prestasi siswa.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................................... 1
B. Rumusan Masalah ......................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan............................................................................ 1
D. Metode Penulisan .......................................................................... 2
E. Manfaat Penulisan ......................................................................... 2
F. Sistematika Penulisan .................................................................... 2
BAB II ISI
A. Definisi Sinetron ........................................................................... 3
B. Contoh Sinetron ............................................................................ 3
B. Dampak.......................................................................................... 4
-..... Positif...................................................................................... 4
-..... Negatif.................................................................................... 5
C. Solusi.............................................................................................. 6
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................................... 6
B. Saran.............................................................................................. 6
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada masa sekarang ini, banyak sekali
sinetron yang menghiasi hampir semua channel di televisi, itu bukan merupakan
hal yang tabu, dan hal yang sangat lazim kita saksikan saat menonton televisi
untuk mengisi luang dan hiburan. Mulai dari para pelajar manapun, banyak yang
sering menonton sinetron. Hampir semua stasiun televisi berlomba untuk memproduksi
sinetron. Tentunya dapat membawa dampak-dampak negatif bagi para siswa yaitu
terganggunya waktu belajar yang seharusnya dipergunakan untuk belajar, menjadi
waktu rutin untuk menonton sinetron. Selain itu, sinetron dapat berpengaruh
pada otak dan gaya kehidupan sehari-hari yang menirukan dalam adegan cerita
sinetron tersebut. Untuk itu, karya tulis yang dibuat ini akan menjelaskan
kebenaran mengenai sebuah dampak sinetron bagi siswa.
B. Rumusan Masalah
1) Apa sajakah dampak yang dapat terjadi akibat tontonan yang kurang
mendidik?
2) Mengapa sinetron-sinetron sekarang kurang menerapkan norma-norma?
3) Sinetron yang bagaimanakah yang baik untuk di tonton?
4) Apakah yang harus dilakukan orang tua agar anaknya tidak
terpengaruhi hal buruk dari sinetron?
C. Tujuan Penulisan
1. Mengetahui definisi dan contoh dari
sinetron..
2. Mengetahui dampak sinetron terhadap pelajar.
3. Memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
D. Metode
Penulisan
Karya tulis ini menggunakan
metode observasi dan pengumpulan data. Penulisan ini juga menggunakan metode
pengamatan di lingkungan dan berdasarkan fakta yang ada.
E. Manfaat
Penulisan
Hasil dari penelitian ini diharapkan
dapat memberikan manfaat yaitu:
1.
Memberikan informasi
tentang sinetron dan dampaknya terhadap pelajar.
2.
Sebagai sarana untuk
mengembangkan pengetahuan ataupun wawasan dari penulisan
F. Sistematika Penulisan
Karya tulis disusun dengan urutan sebagai berikut.
Bab I Pendahuluan,
menjelaskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, Metode, manfaat
dan sistematika penulisan.
Bab II Kajian
Pustaka, menjelaskan definisi sinetron, contoh sinetron,
dan dampak sinetron terhadap pelajar.
Bab II Penutup, menjelaskan
simpulan dan saran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Sinetron
Sinetron merupakan suatu jenis tayangan
sinema elektronik yang berisi tentang cerita fiktif, yang kebanyakan saat ini
mengangkat tema percintaan, seks, horor, kekerasan, dan konflik.
Sinetron-sinetron semacam ini sering memperagakan gaya hidup yang cenderung
penuh gengsi dan bentuk kehidupan yang jauh dari realita. Berkaitan dengan
pendidikan, yang paling dirugikan dari tayangan sinetron ini adalah para siswa
sekolah. Dan pada siswa sekolah, mereka seharusnya lebih fokus pada pendidikan.
Tetapi, dengan adanya sinetron yang tidak mengajarkan hal baik pada para siswa,
maka hal tersebut menjadi sangat merugikan dan terpengaruh pada dampak negatif
dari sinetron, ini dapat merusak prestasi, budaya, dan moral bangsa. Ciri-ciri
sinetron yang kurang mendidik diantaranya adalah bercerita tentang seseorang
yang penderitaan lahir batin, adanya tokoh antagonis dengan akting yang
berlebihan dan tidak wajar, memperlihatkan dan mengumbar kemewahan duniawi.
B. Contoh Sinetron
·
Sinetron yang kurang
mendidik
- Ganteng-Ganteng Serigala
Ganteng-Ganteng Serigala yang
tayang di SCTV merupakan salah satu sinetron dengan rating tinggi. Walau
begitu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan bahwaGanteng-Ganteng
Serigala termasuk tayangan yang tak layak untuk ditonton.
Baru-baru ini KPI memang telah merilis daftar
sinetron dan FTV bermasalah. Semua tayangan tersebut dianggap meresahkan dan
membahayakan anak-anak muda lantaran mengandung hal-hal yang tidak mendidik.
Contoh pelanggaran yang disorot oleh KPI ada
bermacam-macam, misalnya tindak kekerasan fisik (memukul, membanting, menusuk
dengan pisau, mencekik), kekerasan verbal (menghina), tindakan bullying,
menampilkan adegan percobaan bunuh diri, adegan percobaan pemerkosaan, dan
masih banyak lagi.
·
Sinetron yang mendidik
- Keluarga Cemara
Keluarga Cemara, kisah sebuah keluarga yang
memilih hidup dengan hanya bermodalkan kejujuran. Keluarga yang amat sangat
sederhana terdiri atas Abah, kepala keluarga seorang penarik becak dan buruh
apa saja, Ema, seorang wanita yang membuat opak untuk dijajakan anak perempuannya.
Euis, si sulung yang kelas 6 SD, pernah mengalami masa jaya orangtuanya sebagai
pengusaha, Ara atau Cemara yang baru masuk taman kanak-kanak, serta Agil, si
bungsu.Kalau air mata bisa menjadi simbol kebahagiaan inilah kisah itu.
C. Dampak Sinetron
1) Dampak
Negatif :
Dampak
negatif pada sinetron yang kurang mendidik diantaranya:
·
Dapat merusak moral dan
watak para siswa
Sebab dalam cerita-cerita sinetron itu, sering kita lihat
berbagai hal kurang baik seperti kata-kata kasar, hidup bermewah-mewahan, mode
pakaian yang tidak sopan serta kisah percintaan.
·
Menjadi anak yang malas
belajar
Anak yang sering menonton sinetron, belajarnya kurang
rajin dan nilai-nilainya kurang baik daripada anak yang tidak sering menonton
sinetron.
·
Para siswa jadi mempunyai
sifat materialis & suka berangan-angan.
Mereka sering menirukan perbuatan pamer, sombong,
membantah orang.
2) Dampak Positif :
Dampak
positif sinetron yang mendidik diantaranya:
·
Mengajari anak berperilaku
baik kepada siapapun
·
Menjadi anak yang patuh
terhadap orang tua
D. Solusi
Pemerintah harus memaksimalkan perannya dalam
mengontrol tayangan di televisi seperti sinetron yang dapat membawa negatif
yaitu merusak moral dan menghancurkan generasi muda Indonesia. Pemerintah
sebaiknya membatasi acara-acara yang tidak bermanfaat, memberikan sanksi bagi
yang melanggar.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh
beberapa kesimpulan:
1.
Sinetron sekarang kurang
menerapkan norma-norma karena tergerus oleh perkembangan zaman yang kemudian
terjadi perubahan sosial budaya
2.
Anak yang tidak terlalu
sering menonton sinetron, belajarnya lebih rajin dan nilai-nilainya lebih baik
daripada anak yang sering menonton sinetron
3.
Faktor-faktor siswa
menonton sinetron adalah mudah untuk menikmatinya, mempunyai daya tarik cerita,
tokoh sinetron yang digemari
4.
Dampak dari menonton
sinetron ada 2 macam yaitu positif dan negatif. Dampak yang positif terjadi
apabila orangtua dapat mengontrol anaknya dan anak tersebut memiliki kesadaran
dalam memilih tontonan atau sinetron yang baik untuk dirinya. Sedangkan dampak
negatif terjadi apabila orangtua tidak dapat mengontrol anaknya dan anak
tersebut tidak memiliki kesadaran dalam memilih tontonan atau sinetron yang
baik untuk dirinya.
B.
Saran
1.
Untuk orang tua
Agar lebih serius mengawasi
putra-putrinya. Selain itu, harus bisa memilihkan tontonan yang tepat dan
membantu anaknya mengatur jam belajarnya
2.
Untuk siswa
Harus memiliki kesadaran
pribadi untuk memilih tontonan yang bermanfaat. Kemudian, harus pandai mengatur
waktu belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Dimyati
& Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Slameto.
2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Jakarta:
PT Rineka Cipta
Gunawan,
Nico. 2013. Dampak sinetron bagi siswa. http://snicoguna.blogspot.com/2013/05/karya-ilmiah-sederhana-dampak-sinetron.html (Diakses
31Mei 2013)
No comments:
Post a Comment